Cara Bermain Saham Untuk Pemula Plus Keuntungan Dan Tipsnya

Investasi dan trading saham merupakan dua hal yang berbeda, karena menjadi investor saham tak harus melakukan buying and selling. Akan lebih aman jika kamu mengincar saham blue-chip, yaitu saham dari perusahaan terbaik yang paling menjanjikan, seperti Bank BCA, Unilever Indonesia, dan Bank BRI. Nah, kegagalan yang disebabkan hal-hal seperti inilah yang membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk terjun bermain saham.

Namun, ada pula risiko investasi di pasar modal yang harus dipahami dengan baik agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugiannya. Tapi apa iya keuntungan yang kamu dapat bisa memuaskan jika hanya berinvestasi dengan nilai terlalu kecil. Kalau ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan, minimal ‘layak’ artinya kamu harus membeli saham dengan harga yang lebih mahal lagi. Ada beberapa saham yang hanya dijual dengan harga Rp50 perak per lembarnya lho! Di investasi saham kamu hanya bisa membeli dalam satuan lot, dimana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Nah, jika kamu membeli satu lot saham dengan harga perlembar hanya Rp50 perak, artinya kamu hanya perlu membayar Rp5000 kamu sudah berhasil memiliki saham sendiri.

Investor saham yang sukses selalu mendasarkan investasinya pada nilai intrinsik saham dan mengejar saham-saham yang murah dengan basis itu. Mereka akan membeli saham perusahaan dengan elementary kuat saat harganya di pasar turun, lalu baru menjualnya saat harga lebih tinggi. Kuncinya, jangan mengambil keputusan ekstrim saat kondisi pasar sedang bullish . Jakarta, CNBC Indonesia – Investasi saham kian mendapat tempat di kalangan anak muda alias milenial. Beberapa di antaranya bahkan sudah mendapatkan cuanatau keuntungan dari investasi mereka di pasar modal, terutama lewat instrumen saham perusahaan terbuka yang mereka beli. Saat baru pertama kali investasi saham, saya jujur saja stress melihat harga saham yang saya beli turun drastis, portofolio investasi tersisa separuh dari nilai awal dalam hitungan hari.

Biasanya dealer atau perusahaan securitas selalu mengeluarkan rilis berupa rekomendasi atau saran memilih saham yang sekiranya memiliki prospek mendatangkan revenue atau sebaliknya justru harus dihindari. Jika memang belum paham secara mendalam tentang seluk beluk perdagangan saham, sebaiknya memulai transaksi dengan membeli saham yang baru pertamakali diperdagangkan atau IPO. Meski tingkat kepopulerannya terus meningkat, namun banyak masyarakat atau investor yang belum tahu cara main saham agar aman sekaligus mendatangkan revenue besar. Capitall loss ini kondisi dimanan selisih negatif nilai jual dengan nilai beli saham. Mudahnya, saham yang Anda jual lebih murah dari waktu membelinya dulu. Bahkan seringkali seseorang yang sebenarnya sudah memiliki treck report yang tinggi berinvestasi saham pun bisa mencatat hasil investasi yang kurang begitu baik.

Apakah bermain saham menguntungkan

Investor saham yang baik memiliki kestabilan emosi yang baik pula sehingga tidak mudah menerima tip maupun saran dari sumber yang tidak jelas, tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. Sudah menjadi hukum bisnis, seorang investor ingin mendapatkan harga murah dan menjual saat harga tinggi. Sayangnya, banyak investor pemula salah memahami strategi investasi ini dengan mengambil saham dengan harga murah namun sejatinya memang saham tersebut berasal dari perusahaan yang tidak bagus.

Gagal bayar, ketika penerbit obligasi tidak bisa membayar kembali pinjaman dana yang dilakukannya. Namun, untuk obligasi pemerintah, risiko yang kedua ini bisa dibilang sangat kecil. Dalam sejarah, pemerintah Indonesia belum pernah gagal bayar sampai sekarang. Dividen, yaitu pembagian keuntungan perusahaan yang kita terima sebagai hak sebagai salah satu pemilik saham.