Cara Mencegah Kecurangan

Manajemen adalah penanggungjawab utama dalam menetapkan program untuk melakukan identifikasi dan kajian risiko kecurangan serta pengendaliannya. Kajian terhadap risiko kecurangan ini harus mempertimbangkan tingkat kerawanan organisasi terhadap perbuatan kecurangan, apakah itu rekayasa laporan keuangan, penyalahgunaan aset ataupun korupsi. Kemudian juga dianalisa dampak yang mungkin ditimbulkan, apakah menimbulkan kerugian materials ataukah berdampak pada penyimpangan laporan keuangan. Karena itu, untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa depan maka sepatutnya manajemen perusahaan maupun para owner perlu memperhatikan dengan serius seminar ini.

Setelah mengenal cukup baik buyer Anda lakukan analisa buyer tersebut secara lebih detail dan teliti guna menentukan apakah customer Anda ini layak diberikan piutang. Bila perlu siapkan departemen inside management yang bertugas untuk melakukan pengecekan lokasi atau tempat toko buyer yang Anda tuju. Pengambilan kas melalui pelaporan yang berbeda antara penerimaan kas dengan bukti transaksi dari penerimaan tunai atau kredit.

Selain Australia, Office of the State Comptroller di New York, Amerika Serikat pun menerapkan metode red flags untuk fraud. Sebenarnya costumized controlsmerupakan hasil dari berpikir positif ketika pengendalian intern aktif tidak memberikan pemecahan. Ini merupakan saran pengendalian intern aktif karena dokumen yang seharusnya ditanda tangani tetapi belum ditandatangani adalah tidak sah. Asumsinya, tanpa tanda tangan apa yang seharusnya dilaksanakan tidak dapat terlaksanan. Beberapa gesekan yang terjadi pada customer PGS journey merupakan sebuah hal yang baik, bahkan jika diperlukan.

Kontrol inner yang baik paling tidak harus mencakup kontrol lingkungan, sistem akuntansi, dan kontrol prosedur . Fraud yang sering terjadi pada dunia perbankan umumnya terjadi pada dua sistem yakni sistem Digital Banking dan Pemberian Kredit. Berbagai Bank terus berupaya untuk mencegah fraud dan terus mensosialisasikan bagaimana cara untuk mencegah terjadinya fraud. Pastikan untuk selalu mengotorisasi sistem akuntansi pada perusahaan dengan sebaik-baiknya.

Dan pimpinan audit internal dalam setiap pemeriksaan haruslah menugaskan orang – orang yang secara bersama atau keseluruhan memiliki pengetahuan, kemampuan dan berbagai disiplin ilmu yang diperlukan untuk melaksanakan pemeriksaan secara tepat dan pantas . Tidak heran jika sejak proses perekrutan Anda wajib memilih dan menentukan kualifikasi terbaik. Hal ini adalah langkah awal yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan karyawan yang jujur dan memiliki tanggung jawab besar dalam bekerja.

Namun demikian, ada catatan yang perlu diperhatikan atas ikhtiar positif di atas. Jika ada persyaratan pengadaan yang dibuat-buat, maka mekanisme yang tersedia untuk dilakukan oleh calon peserta tender hanyalah bertanya di sesi penjelasan . Namun sebagaimana namanya, mekanisme ini hanyalah discussion board untuk meminta penjelasan, dan bukan untuk mengkritisi atau menggugat.

Melakukan evaluasi dan persetujuan yang cermat atas seluruh transaksi kas keluar. Kecurangan yang dilakukan oleh konsumen/pelanggan, misalnya kecurangan oleh pihak kontraktor/konsultan terhadap satuan kerja proyek dll.

Hal yang bis dilakukan untuk mencegah fraud

Risiko-risiko yang telah diklasifikasikan ke dalam elemen-eleman fraud triagle nantinya akan dinilai tingkat signifikasinya berdasarkan profesuonal judgment. Perlu kecermatan dalam mengolah hasil identifikasi karena kecurangan selalu disembuyikan dan manajemen selalu memberikan respon positif mengenai kondisi perusahaan. Asessment of fraud Risk adalah menaksir tingkat kemungkinan terjadinya resiko dan besarnya dampak menggunakan danger rigister. Fraud Risk Register adalah salah satu bentuk format untuk mengidentifikasikan dan menilai resiko-resiko kecurangan. Determination of serious dangers adalah penilaian terhadap tingkat signifikansi risiko-risiko teridentifikasi dengan mengalihkan nilai yang terdapat pada kemungkinan terjadi dan dampak yang ditimbulkan.