Informasi Umum

Dalam hal ini, Perusahaan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik yaitu PT Solusi Net Internusa (Digisign.id). Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, anda wajib melakukan registrasi dan/atau log in ke situs pihak ketiga tersebut yang akan langsung terintegrasi dengan Situs serta melengkapi knowledge dan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. Anda juga diwajibkan untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan dari pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik.

Ketentuan masuk ke Indonesia

Pada saat ini diperkirakan bahwa jumlah umat Muslim mencapai 207 juta orang, sebagian besar menganut Islam aliran Suni. Jumlah yang besar ini mengimplikasikan bahwa sekitar 13% dari umat Muslim di seluruh dunia tinggal di Indonesia dan juga mengimplikasikan bahwa mayoritas populasi penduduk di Indonesia memeluk agama Islam (hampir 90% dari populasi Indonesia). Namun, kendati mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam yang berdasarkan pada hukum-hukum Islam. Saat masuk ke negara ini, tentu pemeriksaan atau screening tetap dilakukan.

Keenam surat edaran Menteri Perhubungan itu memuat element aturan perjalanan dalam negeri dan internasional dengan transportasi udara, laut, darat, dan kereta. Penguatan pengawasan ketenagakerjaan juga dilakukan Kemnaker untuk memastikan para TKA yang bisa bekerja di Indonesia hanya pekerja asing yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan serta mengikuti persyaratan dan proses perizinan yang berlaku sesuai ketentuan perundang-undangan. Hal itu tertuang dalam Pasal 48 ayat Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 bahwa mereka wajib memiliki izin tinggal. Namun, persyaratan perjalanan orang dalam negeri ini dikecualikan untuk perjalanan orang komuter dan perjalanan orang di dalam wilayah atau kawasan aglomerasi.

Sedangkan untuk Warga Negara Indonesia , tidak ada pembatasan pada untuk memasuki wilayah Indonesia selama mengikuti persyaratan dokumen yang berlaku. Bagi masyarakat umum nonpekerja melampirkan Surat Izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan. Menunjukkan Hasil Negatif Rapid Test PCR/ Tes Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan atau Hasil Negatif Genose C19 sebelum keberangkatan.

Anda menaati peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Anda wajib membaca perjanjian berikut dengan saksama sebelum menggunakan Platform ini, karena penggunaan Platform tunduk pada Perjanjian ini, seluruh ketentuan hukum yang berlaku, dan merupakan penerimaan Anda atas Perjanjian ini berikut Ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh CA. Jika Anda tidak setuju untuk terikat dengan Perjanjian ini, maka Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan Platform CA.

Bawalah seluruh dokumen persyaratan terbang tujuan internasional saat hari-H keberangkatan. Usahakan datang setidaknya 4 jam lebih awal dari jadwal penerbangan Anda untuk proses verifikasi dokumen dan sebagainya. Surat izin perjalanan/SIKM sebagaimana dimaksud dalam poin c memiliki ketentuan berlaku secara individual, berlaku untuk satu kali perjalanan pergi-pulang lintas kota/kabupaten/provinsi/negara dan bersifat wajib Deposit Pulsa Tanpa Potongan bagi pelaku perjalanan dewasa yang berusia 17 tahun ke atas. Surat edaran pelaku perjalanan luar negeri juga menyebut kewajiban karantina akan dikecualikan bagi WNA pemegang visa diplomatik dan dinas terkait kunjungan resmi setingkat menteri ke atas serta WNA dengan skema TCA. Untuk menekan penyebaran Covid-19, baik WNI maupun WNA dari luar negeri yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku serta menjalani karantina.

Pejabat Karantina Kesehatan merupakan pejabat fungsional di bidang kesehatan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi di bidang Kekarantinaan Kesehatan serta ditugaskan di instansi Kekarantinaan Kesehatan di Pintu Masuk dan di wilayah. Dokumen Karantina Kesehatan harus dimiliki oleh setiap Alat Angkut, orang, dan Barang yang masuk dan/atau keluar dari dalam atau luar wilayah negara Indonesia. Dalam hal orang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 dan Pasal 39 tidak bersedia dilakukan tindakan Kekarantinaan Kesehatan, Pejabat Karantina Kesehatan berwenang mengeluarkan rekomendasi kepada pejabat imigrasi untuk dilakukan deportasi.

Surat keterangan uji tes PCR tersebut berlaku 7 hari terhitung pada saat keberangkatan. Sedangkan mereka dengan surat keterangan uji rapid check dengan hasil nonreaktif berlaku three hari pada saat keberangkatan. Syarat pertama, perjalanan udara wajib melampirkan surat keterangan negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2×24 jam atau hasil negatif GeNose C19 sebelum keberangkatan. Anda tidak dapat masuk atau transit di Dubai jika pernah mengunjungi atau transit melalui Afrika Selatan atau Nigeria dalam 14 hari terakhir sebelum perjalanan ke Dubai. Hal ini tidak berlaku untuk warga negara UEA yang pulang ke UEA dan anggota misi diplomatik. Anggota misi diplomatik yang melakukan perjalanan dari Nigeria harus menunjukkan surat keterangan tes PCR COVID-19 dengan hasil negatif dari salah satu laboratorium resmi di Nigeria.