Fakta Seputar Varian Covid

Sebelumnya, Vietnam telah mendeteksi varian Covid-19 yang tampaknya merupakan kombinasi dari varian India dan Inggris dan dapat menyebar dengan cepat melalui udara. India awalnya menargetkan 300 juta orang divaksinasi pada bulan Juli, “tetapi tampaknya pemerintah tidak melakukan perencanaan yang cukup untuk mengamankan pasokan vaksin guna menjalankan program tersebut”, kata Dr Lahariya. Pengurutan genom virus merupakan langkah penting dalam mengidentifikasi varian baru yang bisa lebih menular dan mematikan. “Kami juga mendapatkan stok remdesivir dan tocilizumab serta obat lain yang cukup jauh sebelumnya. Kami juga memiliki rencana untuk mengatasi setiap peningkatan eksponensial jumlah kasus dalam beberapa minggu mendatang,” katanya.

Muncul varian baru covid dari India

“Vietnam telah menemukan varian baru Covid-19 yang merupakan kombinasi karakteristik dari dua varian yang sebelumnya ditemukan di India dan Inggris,” ujar Nguyen dilansir dari BBC. Beberapa Bola Online memang tak berpengaruh, namun yang lainnya bisa membuat virus menjadi sangat menular. Virus Corona memang selalu bermutasi dan saat ini telah terdeteksi ribuan mutasi sejak Januari 2020.

Selain itu, berdasar hasil diskusi Komisi IX dengan Kemenkes, uji klinis vaksin mandiri memasuki fase akhir. Agar Indonesia tidak seperti India dan Malaysia yang berdasar kabar terakhir terjadi lonjakan kasus yang massif, pemerintah mengeluarkan kebijakan melarang mudik. DENPASAR – Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana mengatakan, meledaknya kasus Covid-19 di India karena tidak konsisten penerapan protokol kesehatan.

“Ada sejumlah alasan biologis yang masuk akal untuk menjawab mengapa beberapa mutasi yang terjadi bisa membuat varian ini kebih menular,” menurut kesimpulan para ahli. “Saat ini kami belum melakukan penilaian terhadap varian virus yang dilaporkan di Vietnam,” kata Maria Van Kerkhove, Kepala Teknis WHO untuk Covid-19. Lebih dari 60 persen kasus pada varian baru dilaporkan tidak menunjukkan adanya hilang bau atau rasa. Batuk yang muncul terus-menerus disertai nyeri tenggorokan bisa menjadi penanda gejala varian baru. Batuk, sakit teggorokan, kaku atau radang di tenggorokan kerapkali menjadi penanda bahwa virus berkembang biak dengan cepat di pernapasan.

Virus bisa bermutasi sepanjang waktu, termasuk Covid-19 yang sudah menghasilkan beragam varian yang lebih berbahaya. “Kami mendapatkan 54 kasus ini menyebar, 35 di antaranya varian kasus berasal dari migran dari luar Indonesia,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono saat konferensi pers di Kantor Presiden, Senin (24/5). Kepala staf teknis Organisasi Kesehatan Dunia untuk COVID-19, Maria van Kerkhove seperti dikutip dari Al-Jazeera mengatakan, B1617 awalnya terdeteksi di India dengan dua mutasi yakni E484Q dan L452R.

Berbagai pakar berpendapat bahwa melonjaknya kasus COVID-19 di India terjadi karena dua hal. Pertama karena kelalaian masyarakat terhadap protokol kesehatan karena terlena dengan kondisi yang sempat membaik, dan kedua adalah munculnya varian Corona baru yaitu B1617. Tetapi, waktu hampir habis karena gelombang kedua sekarang menyebar ke desa-desa di mana sistem perawatan kesehatan tidak dipersiapkan untuk mengatasi lonjakan tersebut. “Kalau ada mutasi di daerah RBD dan/atau FCS yang menyebabkan interaksi antara virus dan sel inang manusia semakin kuat maka infectivitas akan juga semakin meningkat. Namun dampak mutasi terhadap peningkatan keganasan atau kematian belum dapat dibuktikan” tukas Prof Nyoman.