Muncul Lagi Varian Baru Corona, Kebal Antibodi Buru Kaum Muda

Walaupun mutasi ini akan lebih cepat menular antar manusia dan menyebabkan penambahan jumlah pasien COVID-19, varian baru corona ini belum terbukti bisa menyebabkan peningkatan penyakit atau kematian lebih serius. Tiga virus varian baru covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia ialah jenis B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan dan B1617 dari India. Untuk mengantisipasi penularan varian baru virus corona semakin meluas, pemerintah melakukan pengetatan pintu masuk kedatangan dari luar negeri. Sejumlah varian baru virus corona telah teridentifikasi di Indonesia.

Pakar epidemiologi Unair, Windhu Purnomo, menduga kuat lonjakan kasus covid-19 di Bangkalan terjadi karena adanya mutasi virus korona varian delta asal India. Indikatornya, tiga tenaga kesehatan di Bangkalan yang sudah menerima suntikan vaksin covid-19 sebanyak Agen Bola Online 2 dosis meninggal setelah dinyatakan positif covid-19. Salah satu jenis virus yang sangat cepat bermutasi adalah virus influenza. Karena itulah para peneliti terus mengembangkan vaksin influenza untuk menanggulangi varian baru virus hasil mutasi.

Riza menyebut keterisian untuk tempat tidur isolasi dan ICU telah melebihi 50 persen yang disediakan. Walaupun memang ada faktor kecepatan penyebaran yang berpengaruh terhadap angka kematian. Program vaksinasi yang sudah mulai dijalankan terhadap COVID-19 juga diharapkan tidak akan ada perubahan rencana ataupun efektivitas, minimal dalam jangka waktu dekat. Beberapa Negara di dunia sedang berjuang sangat keras mengatasi Covid-19. Seperti India, Brazil, Meksiko, Bangladesh hingga Negara tetangga Malaysia yang saat ini lockdown.

Varian baru dari Covid

Pasalnya, dampak penularan yang diakibatkan oleh ketiga varian baru itu dinilai lebih besar. Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengungkapkan, varian baru ini juga telah merebak dari laporan 16 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Adapun varian-varian itu yakni varian B.1.1.7 asal Inggris, varian mutasi ganda B.1.617 asal India, dan varian B.1.351 asal Afrika Selatan. Melansir dari Belfasttelegraph Varian P2 tidak mengandung mutasi penting lain sebagaimana yang dibawa varian P1. Melansir dari CNBC, varian ini diperkirakan menyumbang fifty two persen kasus Covid di California, forty one persen di Nevada, dan 25 persen di Arizona.

Pada kedua jenis infeksi COVID-19 tahap serius, gejala sesak napas cukup dominan termasuk juga saturasi oksigen. Pastikan untuk selalu memonitor kondisi pernapasan jika tertular virus corona. Belakangan diketahui varian baru COVID-19 dari Inggris telah menyebar ke sejumlah negara. Yang terbaru, mutasi virus penyebab COVID-19ini dilaporkan telah memasuki Singapura lewat seorang pelajar yang baru saja kembali dari Inggris, Bunda.