Muncul Varian Baru Vietnam Covid

Brasil menghentikan vaksin Covid-19 Astrazeneca untuk wanita hamil setelah kasus kematian. Van Kerkhove menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak informasi tentang varian India untuk memahami berapa banyak yang beredar. Mereka yang telah divaksinasi dengan vaksin influenza sedikit mengurangi risiko terkena COVID- 19 infeksi. Berikut ini yang perlu diketahui tentang varian COVID-19 baru di Vietnam yang dikutip dari laman Times of India. Kematian keempat korban terjadi antara 5 dan 12 Mei, menurut Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat , sebuah badan pemerintah yang memberikan nasehat ke pemerintah pusat dalam keadaan darurat. Namun, yang perlu diwaspadai dari varian B.1.618 ini adalah mengandung tiga mutasi pada receptor binding domain protein S yang berikatan langsung dengan sel inang manusia yaitu E484Q, L452R, dan V382L.

“Satu WNA dari luar negeri, dia sudah diisolasi rumah sakit langsung. Yang satu lagi memang tenaga kesehatan di DKI Jakarta.” Cuaca pagi yang dingin tidak menghentikan umat Hindu untuk berendam di Sungai Gangga. Beberapa pakar telah mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan kembali acara tersebut, karena khawatir dapat menyebabkan lonjakan kasus infeksi corona. Namun pihak berwenang memutuskan untuk tetap melanjutkan festival tersebut, setelah menetapkan beberapa aturan dan batasan.

Namun yang paling penting, Bapak Dicky mengingatkan kalau masyarakat harus sadar bahwa virus corona belum berakhir. Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Bapak Dicky Budiman, mengatakan kalau apapun varian virus yang muncul, hal yang harus dilakukan enggak berubah. Meski enggak dijelaskan lebih lanjut tentang nama varian yang sudah masuk ke Indonesia, tapi Bapak Budi mengatakan kalau varian ini lebih cepat menular.

Saat ini setidaknya ada tiga varian yang masuk kategori variants of concern yakni B117, B1351, dan P1. Varian B117 asal Inggris dilaporkan meningkatkan transmisi atau penyebaran, sementara B1351 asal Afrika Selatan selain bisa menimbulkan dampak penularan, juga berdampak menurunkan efektivitas vaksin, demikian juga varian P1 dari Brasil. Apabila semakin banyak infeksi pada suatu populasi, maka kemungkinan mutasi virus semakin meningkat.

Di New Delhi, kasus varian Inggris hampir dua kali lipat selama paruh kedua Maret, menurut Sujeet Kumar Singh, direktur Pusat Pengendalian Penyakit Nasional. Varian India, bagaimanapun, banyak ditemukan di Maharashtra, negara bagian yang paling terpukul di negara itu, kata Singh. “Saya minta negara melakukan itu. Nanti saya rapat dengan pemerintah pusat, akan saya sampaikan terkait hal ini,” pungkasnya. Ia mengaku terus memantau para tenaga kesehatan di RSUD Cilacap yang juga terkonfirmasi positif Covid-19. “Vietnam telah mengungkap varian baru Covid-19 yang menggabungkan karakteristik dua varian yang pertama kali ditemukan di India dan Inggris,” kata Nguyen dalam rapat pemerintah. Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Thanh Long, merujuk mutasi terbaru ini sebagai varian yang “sangat berbahaya”.

Di luar soal dugaan dampak mutasi virus terhadap tes PCR itu, dalam mengantisipasi varian baru ini, warga juga harus menguatkan pelaksanaan protokol kesehatan. Dia pun secara khusus menyarankan agar masyarakat mulai menggunakan masker dobel. “Sebetulnya dari sejak B117 masuk saya sudah menyarankan masker dobel,” katanya. Jika varian itu menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, maka vaksin yang ada saat ini mungkin tidak akan efektif lagi, dan virus dapat lolos dari sistem kekebalan.

Mr Zagade mengatakan negara bagian lain juga harus mengambil langkah serupa “untuk menghindari penderitaan”. Pengeluaran perawatan kesehatan India, termasuk swasta dan publik, adalah sekitar three,6% dari PDB selama enam tahun terakhir, persentase terendah di lima negara BRICS. Tetapi, para pakar mengatakan bahwa kekurangan oksigen hanyalah salah satu masalah yang menunjukkan bahwa pemerintah India abai dan gagal melakukan cukup banyak hal untuk menghentikan atau meminimalisir kerusakan gelombang kedua. Kesehatan walau sudah vaksinasi selama herd immunity belum tercapai,” pesan penutup Prof Nyoman. Prof Nyoman menegaskan bahwa mutasi tersebut adalah bentuk adaptif dari covid 19 untuk semakin survive.

Muncul varian baru covid dari India

Pemerintahnya berhasil menanggulangi wabah COVID-19 dengan memberlakukan lockdown singkat namun ketat dan pembatasan karantina yang komprehensif. “Saya meragukan bahwa varian India ini lebih menular dibandingkan varian Inggris. Itu seharusnya membuat Bandar Togel Online kita semestinya tidak panik,” kata Dr Kamil yang dikutip dari BBC. Penemuan varian baru Covid-19 didasari dengan hasil sampel yang dilakukan oleh Institut Virologi Nasional, Pune, kepada pelancong dari Inggris dan Brazil yang berpergian ke India.