Pandemi Covid

Misalkan saja kalau virus COVID-19 biasa butuh dua minggu untuk penyebarannya, maka varian baru ini bisa dalam seminggu. “Untuk perlakuan bagi WN Indonesia yang ingin kembali masuk ke Indonesia yang kurang dari 14 hari melintas dari India ini diberikan perlakuan-perlakuan secara khusus,” jelas Edy. Terkait mutasi atau varian baru di Indonesia, lanjut Nadia, masih terus diteliti dan melakukan pengujian pada 786 laboratorium. Varian B.1.617 dari India mengalami mutasi ganda dibanding varian B.1.1.7 dari Inggris yang hanya mempunyai mutasi tunggal.

Para lansia, anak-anak, dan wanita hamil tidak diizinkan untuk menghadiri acara tersebut. “Kami telah mendirikan pusat pengujian antigen di setiap pintu masuk,” kata Gopal Singh Chauhan, seorang pejabat di Uttarakhand. Dalam paparannya, Budi mengatakan dari 10 orang yang terpapar varian baru corona dari India, enam orang di antaranya tertular dari luar negeri. Setiap hari, Anselmo Tunubala keluar masuk pemukiman di pegunungan Kolombia barat daya untuk meyakinkan warga tentang pentingnya vaksinasi. Banyak warga meragukan vaksin dan cenderung mengandalkan pengobatan tradisional, serta bimbingan para pemuka agama. Di Lembah Maira di Alpen Italia barat, dekat perbatasan dengan Prancis, dokter mendatangi rumah ke rumah untuk memberi suntikan COVID-19 kepada penduduk yang berusia lebih dari 80 tahun.

Kelelahan merupakan gejala umum yang dilaporkan, meskipun kelelahan juga dilaporkan pada gejala pressure asli. Namun kondisi ini lebih sering dilaporkan pada strain dan mutasi yang lebih baru. Nyeri ini dapat muncul akibat adanya peradangan akut di tubuh atau reaksi irregular oleh sistem kekebalan. Namun, tidak ada bukti bahwa mereka mampu menyebabkan penyakit atau kematian yang serius. Warga yang tidak bisa ke kota, dengan senang hati menyambut dokter dan tim medis di rumah mereka untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Selain itu, rumah sakit juga harus mempersiapkan fasilitas seperti BOR dan oksigen. Akibatnya persediaan oksigen dan tempat tidur di berbagai Bola Online di rumah sakit mulai menipis. Penambahan kasus di India pun dikaitkan dengan lonjakan kasus yang tengah terjadi di dunia saat ini.

Muncul varian baru covid dari India

Varian B1617 memiliki beberapa mutasi, termasuk dua mutasi penting E484Q dan L452R, sehingga kadang-kadang disebut mutan ganda. Mutasi penting pertama serupa dengan yang lain (E484K atau kadang-kadang dijuluki “Eek”) yang diamati di Afrika Selatan, Brasil, dan baru-baru ini, varian Inggris. Namun, belum diketahui pasti apakah ledakan kasus COVID-19 di India saat ini terkait dengan varian ini, atau itu didorong oleh perilaku warga India atau hal lainnya. Untuk mencegah warga negara sing masuk ke Indonesia, pihak imigrasi akan menangguhkan sementara visa kunjungan dan tinggal terbatas. “Diberhentikan sementara dalam proses pemberian visa bagi warga negara India yang masuk ke wilayah Indonesia,” kata dia.

“Sementara memang harus kita pisahkan dengan pasien covid-19, kita juga ada tugas juga untuk penanganan PMI yang terpapar covid-19. Nah itu yang kita manfaatkan, kapasitanya nggak banyak, sekitar 10 tempat tidur,” ujar Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran. Jeremy Kamil, seorang virolog di Louisiana State University, Amerika Serikat, mengatakan salah satu mutasinya mirip dengan mutasi yang terjadi pada varian yang diidentifikasi di Afrika Selatan dan Brasil. “Virus tidak mengenal perbatasan negara, kebangsaan, umur, jenis kelamin atau agama,” kata ilmuwan kepala di Organisasi Kesehatan Dunia , Soumya Swaminathan, seperti dikutip dari BBC News. Kondisi seperti itu tidak hanya menjadi krisis di India saja, bisa jadi negala lain pun akan mengalami hal yang sama. Para ahli telah mengatakan gelombang ketiga pandemi akan jauh lebih dahsyat dari yang pertama.